Agoy-Cheaters ANTI SOPA AND PIPA

Posted By: Unknown - Wednesday, January 18, 2012

Saya terlalu banyak mendengar berita yang begitu panas hari - hari ini Tentang SOPA (Stop Online Piracy act) dan PIPA (Protect IP Act) , Banyak sekali pernyataan protes dengan UU ini, Jelas sekali hal ini sangat menggangu Ekspresi/kebebasan di internet.

(SOPA) dan (PIPA) masih dalam proses legislasi, uh ini sangat merugikan sekali karena dampaknya bukan pada situs di AS saja, tapi Di luar AS juga. Lewat RUU nantinya situs di luar AS akan diblokir secara sepihak “Jika terbukti melanggar Hak Cipta” Hal ini berdampak sangat menghawatirkan. Setelah saya baca beritanya di Kompas Ada dua metode pemblokiran Penyelenggara jasa internet di AS akan memblokir situs/domain yang melanggar, Yang kedua adalah: “Penghentian bisnis, iklan dan penyedia jasa pembayaran dan juga “Mesin Pencari” dari situs web yang telah melanggar


Apa Kerugian Tentang ini (Sopa) ?

SOPA lebih garang dari PIPA karena hak cipta yang terkait disini bukan pada “Video dan Gambar” saja, tapi pada seluruh isi konten situs, jadi jika situs anda terbukti melanggar hak cipta? Ya bisa jadi situs web anda tidak akan muncul di hasil pencarian, Kerugian yang lain adalah situs yang melanggar Tidak akan bisa bergabung/berbisnis dengan AS seperti menampilkan iklan adSense. dan dilarang melakukan transaksi pembayaran pakai paypal dari situs tersebut. ternyata lumayan ribet juga dengernya, Yuk kita protes “STOP SOPA” sebagai bukti kuat untuk mempertahankan kebebasan kita di internet.


Pelanggaran seperti apa?

Berbicara soal hak cipta memang cukup sulit, apalagi menurut RUU baru in, pelanggaran hak cipta mencakup lagu, video klip dan juga software. Produk fisik yang tergolong dalam kategori KW juga dianggap melanggar.
Parahnya lagi, situs yang dianggap melanggar tapi terbukti tak bersalah takkan mendapatkan ganti rugi apapun.
Ada apa di balik SOPA?
Menurut salah satu tim dapur Youtube, Hurley, adalah strategi dari pebisnis Hollywood yang merasa terancam akan pembajakan karyanya di internet. Senada dengan orang-orang besar lainnya, Hurley menyatakan bahwa dampaknya akan terasa di seluruh dunia, meski pemblokiran cuma dilakukan pemerintah AS.
Dengan adanya SOPA, situs Youtube juga dipastikan terancam diblokir. Padahal menurut Hurley, meski orang lain yang mengupload sebuah video klip, semua orang tau siapa pemiliknya. Dengan adanya Youtube, justru akan membantu si pemilik video klip untuk berpromosi gratis.
Para raksasa internet menolak RUU ini
Beberapa raksasa internet seperti Youtube, Mozilla, eBay, AOL, LindkeIn, Twitter, Facebook, Wikipedia dan Google melakukan aksi penentangan SOPA.
Reddit, Wikimedia Foundation dan WordPress juga melakukan aksi penutupan sementara (blackout) untuk menunjukkan protes keras atas RUU ini. Saat saya mengakses wordpress.org, situs ini benar-benar blackout.
Wordpress blackout anti SOPA
        Tampilan blackout situs WordPress.org yang anti SOPA

Sedikit bernapas lega, Presiden AS Barack Obama beserta Gedung Putih setali tiga uang dengan Mark Zuckerberg dkk. Yakni menolak RUU ini dan sudah mengirimkan surat penolakan yang ditujukan kepada Senat.
Menurut saya pribadi, semua situs besar termasuk Facebook juga terancam di blokir. Sebagaimana hukum di internet yang berlaku adalah hukum kebebasan dan hukum ketidakterbatasan, RUU ini akan menjadi hakim paling kejam di dunia maya yang sangat mengekang hukum-hukum internet.
Tak hanya pendapatan di bisnis online yang terancam, tapi juga kelangsungan informasi bebas terbuka yang bisa diakses siapapun. Benar-benar RUU mengerikan yang pernah ada!

Warning!

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan Saya dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator. Pembaca dilarang berkomentar dengan tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Saya akan menimbang setiap komentar yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

0 komentar:

Post a Comment

Pembaca dapat mengirimkan komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar bukan merupakan pandangan, pendapat ataupun kebijakan AGOYCHEATERS dan sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator.

Pembaca dilarang berkomentar dengan tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. AGOY-CHEATERS akan menimbang setiap komentar yang masuk dan dapat memutuskan untuk tetap menayangkan atau menghapus komentar tersebut.

Ads

Copyright © 2015 All Rights Reserved

Blogger Templates Designed by Templatezy